Daftar Isi Seserahan Lamaran Yang Perlu Kamu Siapkan



Pada acara pernikahan atau lamaran umumnya ada prosesi pemberian hantaran seserahan pernikahan. Istiadat yang telah lama dilaksanakan semenjak dahulu ini menjadi prosesi patut dalam tiap-tiap acara pernikahan.

Apa saja isi seserahannya?

Untuk soal isi seserahan mungkin masih banyak yang bingung sebetulnya apa saja sih isi seserahan pernikahan dan apa saja item- item yang perlu dipersiapkan.

Yaudah seketika aja Sputnik beri tau apa saja sesungguhnya isi seserahan pernikahan yang umumnya dibawa sebagai hantaran dari keluarga pria untuk sang wanita sebagai simbol bekal untuk kehidupan kelak sang wanita.

Perlengkapan Sholat / Ibadah

Sebagai bekal untuk sang wanita supaya menjadi pendamping dan istri yang sholehah, karenanya sang pria biasanya senantiasa menyiapkan hantaran peralatan ibadah ini. Sebagai bentuk dan simbol nasehatnya kelak kepada sang istri. Untuk isinya dimulai dari Mukena, sajadah, dan Al – Quran / Kitab suci.

Perlengkapan Mandi

Lazimnya untuk peralatan mandi ini dimulai dari sabun, shampo, handuk, shower puff, produk perawatan tubuh, dan aroma.

Baju Dalam

Pakaian dalam juga menjadi isi seserahan pernikahan yang perlu disiapkan nih. Untuk isinya mulai dari satu set underwear, lingerie dan juga pakaian tidur. Tapi untuk urusan membelinya biasanya sang wanita sudah memilihkan barang – barangnya dan diserahkan kepada sang pria untuk dihias ke dalam kotak seserahan supaya lebih indah.

Kelengkapan Makeup

Nah untuk kelengkapan yang satu ini umumnya sang wanita sangat concern nih, jadi biarkan para wanita yang memilihnya. Sebab kecuali itemnya lumayan banyak dan belum tentu pria mengerti, lazimnya para wanita memiliki brand khusus yang berbeda – beda untuk tiap produk kosmetika yang diaplikasikan. Jadi para pria sebaiknya kalian duduk manis saja untuk menyiapkan items yang satu ini.

Perhiasan

Seserahan pernikahan berupa Perhiasan ini mempunyai makna bersinar dan penuh harapan. Akan tapi untuk perhiasan menjadi seserahan yang dapat disepakati bersama sesuai dengan budget kalian . Bila sang wanita menginginkan, dan pihak pria bisa menyanggupi karenanya hantaran perhiasan bisa menjadi isi seserahan pernikahan yang akan dikasih.

Peralatan Pesta

Perlengkapan pesta ini beragam – macam isinya. Mulai dari kebaya da kain, heels, ransel, dress, hingga jam tanggan.

Makanan & Buah-buahan

Sebagai format hantaran ngga komplit rasanya tanpa ada makanan dan buah – buahan. Untuk beberapa budaya kultur misalnya betawi seharusnya menyiapkan roti buaya dan juga ada beberapa adat istiadat yang membawa makanan manis agar garapan kehidupan calon pengantin kelak selalu manis.

Berapa kotak seserahan pernikahan yang perlu disiapkan?

Untuk jumlah kotak seserahan sebenarnya ngga ada ketetapan patut. Semuanya bisa disesuaikan oleh kesepakatan bersama. Akan melainkan ada sebagian kebiasaan seperti Jawa yang biasanya memberikan kotak seserahan berjumlah ganjil (5, 7, 9, 11 )

Isi seserahan pernikahan ini hakekatnya ngga ada item harus banget yang sepatutnya sama. Balik lagi semua isi seserahan pernikahan di dalamnya disesuaikan dengan budget kalian juga. Seserahan yang menjadi hantaran dari pihak pria ini umumnya berisi barang-barang keperluan sang calon pengantin wanita, yang nantinya akan diaplikasikan oleh sang wanita. Jadi dapat dibilang isi barang- barang seserahan pernikahan ini simbol bekal dikehidupan bagi sang wanita kelak.

Oh iya, seserahan pernikahan bukan hanya untuk wanita loh, tetapi ada juga isi seserahan pernikahan pria yang umumnya menjadi prosesi simbolik tukar seserahan antar keluarga.

Untuk isi seserahan pria lazimnya lebih sederhana dan tidak sebanyak isi seserahan wanita. Isi seserahan pria mulai dari parfum, dompet, pakaian kerja / formal, jan tangan, sampai sepatu. Tergantung sang wanita berkeinginan memberikan apa saja sebab hakekatnya isi seserahan untuk pria tidak harus.


Baca Artikel Terkait Tentang Barang Seserahan Lamaran Adat Jawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *